Thursday, May 7, 2009

Proses pelayanan di Bank Permata

. Thursday, May 7, 2009

Hampir setiap bulan saya melakukan transaksi di Bank Permata baik untuk transfer ke orang tua, istri maupun setoran SPP anak saya. Bisa dikatakan saya adalah pelanggan yang cukup loyal pada bank swasta ini meskipun transaksinya tidaklah bernilai terlalu besar.


Selain itu saya juga merupakan nasabah bank pemerintah yang dekat dengan kantor saya, terutama untuk urusan gaji. Pelayanan di Bank Permata ini agak unik dibandingkan dengan bank pemerintah dekat kantor saya ini. Uniknya adalah kemudahan penyetoran bagi nasabah. Di bank ini, nasabah tidak perlu mengisi formulir yang cukup membutuhkan waktu, namun nasabah cukup hanya menyebutkan atau menunjukkan nomor rekening saja yang selanjutnya petugas bank akan menghitung jumlah uang yang disetorkan. Print out penyetoran kemudian disodorkan kepada nasabah untuk ditandatangani.

Cukup simple, yang berbeda dengan bank pemerintah tadi. Bahkan bank BCA pun belum melakukannya. Kelihatannya sangat sederhana namun disitulah letak pelayanan yang memuaskan bagi nasabahnya. Ini bukan proses yang sepele, namun dengan proses tersebut, nasabah tidak perlu repor-repot mengisi formulir penyetoran.
Hal yang sama saya temui di Bank Danamon pada waktu melakukan transfer ke rekening teman saya untuk urusan suatu bisnis. Kedua bank tersebut telah melakukan inovasi dalam bentuk penyederhanakan proses untuk memuaskan pelanggan.

Dalam suatu bisnis, proses merupakan salah satu faktor pemasaran yang penting, yang mencerminkan kualitas (quality). Kualitas jasa yang dinikmati pelanggan sebenarnya dimulai dari proses. Dalam konteks pelayanan di bank Permata ini, bank ini mampu menciptakan suatu nilai tambah bagi pelanggan berupa penyederhanaan pelayanan di counter nya.
Kelihatannya simple, namun mampu memberikan kepuasan bagi nasabahnya.

0 comments:

Post a Comment